Casciscus dengan bahasa korea 2

Casciscus dengan bahasa korea 2

Setelah beberapa hari tidak update, saya kayaknya punya banyak hutang nih. Maklum, lagi maen game warrior orochi n seru-serunya liat film korea J.

Nah, setelah di posting sebelumnya saya menulis tentang penulisan kata kerja dalam bahasa korea, maka kali ini sesi tersebut masih saya lanjutkan. Pada kesempatan ini saya menulis tentang  bentuk penulisan kata kerja yang tak beraturan. Coba perhatikan tabel di bawah ini…

Indonesia Kata kerja inti Bentuk kamus Bentuk sopan Bentuk nonformal
Memiliki 있다 있어요 있어
Pergi 가다 가요
Tidak memiliki 없다 없어요 없어
Melakukan 하다 해요

 

Kalau diperhatikan, terdapat beberapa kata yang memiliki imbuhan yang bukan어요 / 아요 dalam bahasa sopan. Kita lihat kata ‘memiliki’ yang dalam bahasa korea adalah 있다 (issda). Jika kata ini digunakan dalam kalimat sopan, maka ditulis있어 (isseo) dalam bahasa nonformal. Pemilihan imbuhan 어 karena huruf vocal terakhir dalam kata 있 adalah ㅣ. Jika ditulis dalam bahasa sopan maka imbuhan yang dipilih adalah어요.

Lalu coba perhatikan untuk kata pergi (가다) dan melakukan (하다). Imbuhan yang diberikan kepada dua kata tersebut bukanlah  어요  ataupun아요.  가다 mempunyai kata kerja inti 가. Menurut aturan sebelumnya, jika sebuah kata mempunyai huruf vocal terakhir adalah ㅏ, maka jika digunakan dalam kalimat sopan menjadi가아요 (ka a yo). Namun karena pelafalan yang sulit, di mana terdapat dua huruf vocal yang sama bersebelahan, maka penulisannya dipersingkat menjadi가요 (ka yo). Hal ini dilakukan untuk menghemat nafas dan waktu. Sedangkan untuk bentuk nonformal, cukup dengan 가 saja.

Sedangkan untuk kata 하다, mempunyai bentuk tersendiri. Kata ini tak mengikuti aturan yang ada. Jadi sepertinya kita harus menggunakan otak kita untuk mengingat satu kata ini. Namun kata 하다 nampaknya sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, jadi mengingatnya kayaknya tak terlalu sulit deh… J. 하다 mempunyai kata kerja inti 하. Dan bentuk sopannya adalah 해요, sedangkan untuk bentuk nonformal adalah 해. Cukup mudah sepertinya kan…

Selanjutnya kita melihat bentuk kata kerja tak beraturan lainnya. Coba lihat table di bawah…

Indonesia Kata kerja inti Bentuk kamus Imbuhan sopan Imbuhan nonformal
Minum 마시 마시다 마셔요 마셔
Bertemu 만나 만나다 만나요 만나
Datang 오다 와요
Tidak tahu 모르 모르다 몰라요 몰라
Sibuk (kk) 바쁘 바쁘다 바빠요 바빠
Panas (kk) 덥다 더워요 더워

 

Yang pertama adalah kata minum (마시다). Jika kita hilangkan ending kamus다, maka akan tinggal마시. Berdasarkan bentuk sopan yang sudah kita ketahui, maka seharusnya bentuk sopannya adalah마시어요 (masieoyo). Namun untuk memudahkan pelafalan, maka bentuknya dibuat menjadi lebih simple. ㅣ+ 어 = ㅕ. Contoh lain untuk kasus yang sama adalah:

가르치다 – 가르쳐요

기다리다 – 기다려요

치다 – 쳐요

Selanjutnya kita lihat만나다 atau bertemu. Sepertinya untuk kata ini sudah kita pelajari sebelumnya. Kata만나 diakhiri oleh huruf vocal ㅏ, maka만나아요disederhanakan menjadi 만나요. So very simple… J. Langkah serupa juga berlaku jika sebuah kata diakhiri oleh ㅓ. Jika diakhiri oleh ㅓ,maka kita memilih imbuhan 어요 yang tentunya akan menimbulkan dobel suara vokal.  Contoh: 가다 – 가요, 사다 – 사요, 서다 – 서요.

 

hmmm… stop dulu lah… terlalu banyak tidak baik bagi kesehatan.. hehehe

enjooy

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s