Cerita tentang muslim di Korea

Posted: Februari 16, 2011 in about korea

Cerita tentang muslim di Korea

Yah, ini tulisan masih dalam tahap break belajar bahasa korea. Tulisan kali ini tentang bagaimana kehidupan masyarakat muslim di korea. Aku benar-benar penasaran dengan kondisi di sana seperti apa. Terlebih dalam film-film korea yang aku lihat, jarang dan hampir tak ada yang mengekspos kehidupan masyarakat muslim di Negara ras kuning tersebut.

Dari situs Wikipedia, penduduk korea selatan kebanyakan adalah atheis. Hampir 46,5 persen adalah atheis. Terbanyak kedua adalah agamanya Sidharta Gautama, Budha. Selanjutnya Kristen protestan dan katolik berada di tempat ketiga dan keempat. Bagaimana dengan Islam????? Tuing-tuing, ternyata Islam menjadi agama yang super minor di sana. Bayangkan, masih menurut Wikipedia, pada 2005 hanya 0,1 persen saja penduduk korea yang mengimani Allah SWT dan Nabi besar Muhammad SAW. Hmmm, sangat amat jauh jika dibandingkan dengan Negara tercinta namun penuh politikus busuk kita ini…

Rasa ingin tahu saya ternyata masih belum terpenuhi dari situs Wikipedia. Akhirnya saya coba Tanya ke mbah guugel. “Mbah, muslim nang korea piye mbah????”. Akhirnya si mbah pun menampilkan beberapa jawabannya dengan sangat cepat.

Dari situs lainnya, www.islamawareness.net, disebutkan Islam mulai berkembang pada perang korea yang terjadi pada kurun 25 Juni 1950 sampai 27 Juli 1963. Adalah dua orang muslim yang sangat berjasa dalam penyebaran agama Islam di sana, yakni  Imam Zubercoch and Abdul Rahman, dua orang tentara PBB asal Turki yang ditempatkan di Korea. Mereka menjadikan gubuk sebagai tempat sholat. Lama kelamaan, gubuk itu berkembang menjadi masjid tempat mereka mengajarkan tentang Islam kepada masyarakat korea.

Kemudian para tentara turki mengajarkan islam secara rutin di gubuk masjid tersebut. Namun tak semua warga korea dapat menerima ajaran Islam dengan baik. Mereka yang menerima pun tak berani untuk menyatakannya secara terang-terangan.

Selanjutnya perkembangan Islam di Korea menjadi lebih baik. Pada Oktober 1955, muncul komunitas Islam di Korea yang diprakarsai oleh Umar Kim Jin Kyu. Dalam kurun ini, banyak pemimpin muslim korea yang belajar tentang Islam di luar negeri. Kebanyakan dari mereka belajar ke Malaysia. Bahkan perdana menteri Malaysia, Tunku Abdul Razak melakukan kunjungan ke komunitas ini.

Titik terang perkembangan Islam di Korea terjadi pada tahun 1974, kayaknya saya masih belum lahir pada waktu itu. Tepatnya pada waktu didirikannya masjid raya seoul dan Islamic center.  Masjid Raya Seoul merupakan Masjid pertama dan satu satunya di kota Seoul, Ibukota Korea Selatan itu. Dan menjadi masjid terbesar di Korea Selatan. Karena letaknya di daerah Itaewon masjid ini sering juga disebut dengan Masjid Itaewon Seoul. Masjid Raya Seoul juga menjadi kebanggaan bagi lebih dari 45 ribu orang Korea asli yang sudah beragama Islam

Kini masjid tak hanya ada di Itaewon, Seoul saja. Di Busan, masjid Gwangju, Masjid Jeonju dan banyak lagi lainnya. Hmmm… jadi semakin tertarik dengan korea.

masjid raya seoul

About these ads
Komentar
  1. praptini mengatakan:

    alhamdulillah….
    jadi tambah seneg dg korea nih…..

  2. ryufa mengatakan:

    suatu saat nanti harus bisa kesana.. amiin :D

  3. dany mengatakan:

    jadi tambah hasratku tuk datang ke negeri ginseng

  4. Naey Liel mengatakan:

    alhamdulillah…
    makin cinta aja ma korea

  5. CITRA DESI mengatakan:

    ALHAMDULILLAH…….JADI JUGA SAYA KE KOREA UNTUK BERDAKWAH DISAN

  6. Kim Hyun Joong mengatakan:

    :P kapan” lo pada ke korea ga mampu masi mo maen ke korea -__-

  7. hatemiawmiaw mengatakan:

    sbhanallah…
    it masjid cuma 1 aja keren bgt, gmna klo ada bnyak., subhanallah.. g’ kebayang deh, masjid yng d gabung’in sma iptek yng luarbiasa ala korea….
    Klo oppa” Qta pda dateng k sna mungkin mrka jga takjub…
    Klo gue k korsel, tmpat yng mo gue dateng’in prtma it kantor SM, trus k kantor WM, trus k masjid Itaewon it, k namsan, k jeju… (curcol kali)

  8. dian wulan febrina mengatakan:

    apa bener ini mesjid raya seoul ya allah………

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s